kesan pertama, begitu menggoda. selanjutnya, terserah anda…

hayo siapa yang gak tau tag line itu? dari jaman SD sampai sekarang, jaminan mutu deh begitu ada yang denger kalimat itu, langsung nyebut salah satu merk cologne cowok.

tapi eh tapi, yang mau aku bahas di sini bukan cologne nya maupun cowok yang doyan mini-mini, tapi tentang tag line nya itu.

ternyata, benar sekali teman-teman kawan-kawan amigos fellas comrades sekalian. kesan pertama alias first impression itu sangat penting untuk melanjutkan kesan berikutnya. yang dimaksud first impression gak selalu muncul PAS pertama kali muncul.

first impression berbanding lurus dengan jumlah waktu yang dihabiskan. misalnya, kita baru pertama kali makan di sebuah resto. mana mungkin begitu kita sampai di depan resto itu dan langsung bilang,

“wah, tempat ini asik banget!”

mungkin tercetus ucapan, “wow, tempatnya bagus.” tapi itu hanyalah persepsi awal. begitu masuk dan duduk, bisa jadi kata-kata tadi berubah menjadi, “yek, pelayannya judes.”

nah, lo. berbanding terballik banget kan. karenanya, yang aku definisikan sebagai first impression adalah komentar saat kita sudah menghabiskan beberapa waktu di resto itu. misalnya, begitu selesai membayar, dan aku berkata sambil sedikit manyun, “tempatnya bagus dan makanannya enak, sih, tapi harganya ya ampun mahal banget…”

jadilah, resto itu masuk kategori resto ‘mewah’ karena layak dikunjungi di acara-acara spesial dan MEpet saWAH.

tak begitu berbeda dengan mengkategorikan tempat, dengan first impression itu kita juga bisa mengklasifikasikan orang.

oh, ya. aku sudah menaruh banyak orang dalam binomial nomenklaturku sendiri dan suatu saat nanti akan mengalahkan milik Carolus Linneus.

sudah sejak lama aku mengamati sifat berbagai orang. lebih tepatnya sejak kelas 3 SMA. dari sana, aku jadi sangat picky alias pemilih. misalnya, ada tugas kelompok dan dibebaskan untuk memilih anggotanya. oh so pasti sudah jelas sekali aku bakal memilih teman-teman terdekatku.

KENAPA?

karena aku mempercayai mereka.

sungguh. aku susah sekali mempercayai seseorang. namun bukan berarti aku lantas tidak akan pernah mempercayai orang lain. tidak.

just because we can not, doesn’t mean we quit trying

dan, orang-orang yang dapat dipercayai menempati urutan pertama dalam klasifikasiku. ditambah, trust-able people itu sangat mudah ditemukan lewat first impression mereka.

serius.

silakan dicoba.

bagaimana dengan first impression lain selain sifat dapat dipercaya itu?

wuo banyak dong. ada rajin. kepintaran. pelit enggaknya. kerapian. keusilan. dan banyak lainnya.

oh ya, aku punya teman. dia lincah. dia aktif. dia banyak dan berani cuap-cuap di muka umum. bagi sebagian besar orang mungkin first impression terhadapnya adalah dia berpengetahuan luas dan tanggung jawab.

namun ternyata mereka salah besar. bahkan menurutku, orang-orang seperti itu adalah tipe spontanius. mereka tidak ingin hanya di berada di balik layar. mereka ingin tampil.

dengan kata lain, mereka ingin mendapat perhatian atas aksi, bukan pemikiran.

oke, siapa sih yang gak ingin dapat perhatian orang-orang? berbondong-bondong orang ngantri di audisi Indonesian Idol biar bisa jadi artis. terkenal. dan dikenal banyak orang.

tapi ingat, don’t judge the book ONLY with its cover. lihat dalamnya. perhatikan seluk beluknya.

there’s more about someone you haven’t known.

untukku pribadi, aku gak bisa bermain-main dengan orang semacam ini untuk urusan tugas. apalagi tugas kelompok.

nggondok hya pasti nggondok lah. tapi mau gimana lagi? aku bener-bener menaruh kepercayaan ENOL beesar pada orang-orang sejenis ini.

akibatnya: aku jadi gampang bad mood karena kepikiran tugas bejibun. dan bingung siapa yang mau ngerjain tugas itu masalahnya meskipun aku sudah mahasiswa, aku tidaklah mahapintar ataupun maharajin.

hey, i’m just an ordinary girl who wants to enjoy her life 🙂

baiklah, aku sudah ngoceh gak jelas arahnya terlalu panjang. TAPI bagaimana dengan first impressionku sendiri?

well, i’m trying my best to show the best of me. pastinya apa yang aku tunjukkan adalah AKU.

AKU yang suka guyon.

AKU yang sensitif.

AKU yang berusaha untuk bertanggung jawab.

AKU yang berusaha untuk bisa dipercayai.

dan AKU yang akan berusaha membantu semaksimalnya.

aku cuma manusia biasa. aku gak tahu apa yang ada di benak kalian tentangku. entah itu baik atau buruk, itu terserah kalian. yang pasti, seperti yang sudah kusinggung sebelumnya, first impression itu muncul seiring dengan berjalannya waktu.

make sure that you are showing your best for the best impression.

-aga-

