“buat aga, di jogja nanti tetep kampanyekan jangan-buang-sampah-sembaranganmu itu ya ;)”

aku nyengir lebar membaca satu kalimat di atas yang adalah sebuah pesan dari teman sekelasku saat kelulusan. bukannya apa-apa, ternyata kebiasaanku yang satu itu rupanya memang sedikit ekstrim sampai-sampai dijadikan pesan terakhir sebagai classmates.

aku memang cerewet banget masalah buang sampah. di SMA, teman-teman sekelas sudah hafal kebiasaanku untuk menegur mereka agar buang sampah ke tempat yang sudah disediakan. bahkan ada saja yang mengajakku bercanda dengan berkata,

“eh jangan buang sampah sembarangan, MASIH ADA aga.”

hahahahahaha, sumpah, kata-kata itu membuatku ngakak.

apa sih awal mulanya yang membuatku jadi fanatik untuk jangan-membuang-sampah-sembarangan? karena isu global warming, kawan-kawan semua. tak hanya gerakan jangan-membuang-sampah-sembarangan, tapi juga matikan-air-dan-lampu-yang tidak-terpakai, dan kurangi-pemakaian-kertas.

oh ya, teman-teman cowok di kelas gak pernah lagi main pesawat-pesawatan kertas karena kertasnya aku sita dan aku jadiin origami bangau-bangauan. hihihihi sama aja ya? engga ding, kertasnya aku kumpulin, terus dijadiin notes kecil. iya, ini sungguhan,

ngomongin global warming itu bisa meluas kemana-mana. tapi di postingan kali ini di  pending dulu, ya. mari fokus pada sebuah event pada tanggal 27 maret 2010 besok. event apakah itu? konser musik? bagi-bagi sembako gratis? acara tanda tangan CD oleh Boys Like Girls?

BUKAN

event ini namanya EARTH HOUR. diselenggarakan setiap tanggal 27 maret. berupa apakah gerakan earth hour ini?

caranya gampang, kok. dengan mematikan lampu selama satu jam, dari jam 8.30 pm sampai 9.30 pm. menurut waktu lokal masing-masing.

mirip dengan apa yang dilakukan negara adidaya amerika dulu saat memperingati kematian Thomas Alva Edison. mereka mematikan bola lampu sehingga seluruh amerika gelap total untuk beberapa saat.

kolosal banget, ya?

diharapkan dengan mematikan lampu selama satu jam ini, kita bisa menghemat listrik dan bisa merenungi apa yang terjadi bila kita terperangkap dalam kegelapan total seandainya, mulai saat ini kita tidak berbenah dan suatu ketika bumi kehilangan seluruh energinya.

ada yang bilang kondisi bumi yang ada sekarang sudah gak bisa diapa-apakan. DIA SALAH. kita masih bisa menyelamatkan, bahkan membuatnya lebih indah. namun misi ini gak bisa dilakukan hanya oleh satu orang. perlu kesadaran besar dari berjuta-juta manusia yang memenuhi bumi ini. kita perlu kerja sama.

apa kita mau planet cantik ini hancur dan kita terpaksa pindah ke pandora?? tidakkah kita malu harus mengungsi dan menginvansi kediaman orang lain??

mari teman-teman, mulailah dari hal kecil. sebarkan berita ini. tandai di kalender, di handphone, di jurnal. pasang alarm. jadikan wallpaper. sebarkan pada orang lain. pada tetangga di rumah sebelah, pada keluarga di kampung halaman, pada sahabat di seberang pulau, pada kenalan di benua lain.

tanggal 27 maret. pukul 8.30 pm – 9.30 pm. earth hour.

kunjungi pula http://www.earthhour.org/

mulailah lindungi bumi ini. ia telah memberikan segalanya pada kita. kapan kita akan membalasnya?

-aga-

Advertisements